Konten hiburan asal Korea Selatan semakin digemari di seluruh dunia termasuk Indonesia. Lantaran hal tersebut semakin banyak merk dan perusahaan lokal Indonesia yang menggunakan artis Korea baik bintang KPOP maupun selebritas KDRAMA sebagai brand ambassador sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan produk di dalam negeri. Karena hal ini para bintang Korea semakin populer dan sering terlihat di mata masyarakat Indonesia.
Beberapa bintang Korea yang sudah menjadi brand ambassador produk – produk lokal
diantaranya BTS (Tokopedia & Gojek), Lisa BLACKPINK (Ajaib), Han So Hee
(Somethinc), Choi Siwon (Tepung Sasa dan Mie Sedap) serta masih banyak bintang
lainnya. Bahkan yang terbaru adalah kolaborasi Bank BNI dengan NCT 127 dalam
meluncurkan kartu tapcash miliknya.
Belum lagi bintang Korea yang berseliweran di telivisi yang tentunya berharap
peningkatan rating dari hal tersebut.
Sangat disadari kpopers dan penggemar Korea pada umumnya
adalah tipikal konsumen yang sangat loyal. Apalagi jika bias atau idolanya
dijadikan brand ambassador atau
bintang iklan produk tertentu sudah bisa dipastikan produk tersebut diburu oleh
fansnya. Apalagi jika ada iming – iming bonus photocard, gratis fanmeeting
dan hadiah lainnya. Sedangkan untuk acara televisi yang ada bintang Korea sudah
pasti akan dipantengin oleh fans – fansnya bahkan hingga menonton iklan –
iklannya juga hehehehe.. Contoh tersebut bisa kita saksikan saat masing –
masing NCT 127 dan NCT Dream menjadi brand
ambassador Nu Green Tea dan Mie Lemonilo. Kedua produk tersebut cepat ludes
dipasaran karena untuk Nu Green Tea mereka memasang foto member NCT 127 di
botol kemasan dan NCT Dream memberikan bonus photocard dalam kemasan produk mie sehingga mendorong fans untuk
mengoleksinya. Bahkan untuk kasus Nu Green Tea ada pula fans yang rela mengobok
– obok tempat sampah untuk menyelamatkan botol gantengnya hehehe. Kasus lainnya
adalah fanmeeting Oh Sehun dengan
Whitelab di salah satu mall di Jakarta yang tidak dipungut biaya sehingga
pengunjung sangat membludak dan akhirnya kegiatan tersebut dibubarkan karena
menjadi kurang kondusif di saat kondisi pandemi covid.
Fenomena tersebut menunjukkan betapa eratnya hubungan
antara idol dan fansnya. Hal inilah yang dimanfaatkan brand dan perusahaan lokal untuk meningkatkan daya tarik dan
popularitas produk maupun suatu acara. Dimana hasil akhir yang diharapkan oleh
brand dan perusahaan adalah peningkatan penjualan produk atau rating acara
mereka. Kesempatan ini juga didukung oleh karateristik pengemar artis Korea
yang terkenal dengan sikap setia dan royal termasuk dalam urusan materi demi
idol kesukaan mereka. Sifat loyal dan royal ini dapat terlihat dari cara mereka
dengan menunjukkan dukungan terhadap produk, iklan ataupun acara dimana bias
mereka muncul.
Selain penggunaan brand
ambassador langkah lain yang digunakan adalah dengan masuk sebagai sponsor
dalam konten hiburan yang sedang naik daun. Salah satu contohnya seperti yang
dilakukan oleh Kopiko dengan mensponsori beberapa drama Korea terkenal dan
muncul dalam screentime nya. Hal ini
juga dapat berdampak positif karena seperti kita ketahui konten hiburan Korea
ditayangkan secara global sehingga tentu akan sangat efektif sebagai bahan
promosi produk. Selain itu metode drama Korea dalam memasukan promosi iklan di screentime nya tidak selebay sinetron
Indonesia sehingga tidak mengganggu kenyamanan penonton.
Namun tentunya hal ini pasti tidak lepas dari pro kontra,
pasti ada saja pihak – pihak yang tidak suka utamanya mereka yang benci dengan
Korea – korean dan mengecapnya plastik. Tapi terlepas dari hal itu tentu ada
pula manfaat yang bisa dirasakan ekonomi negara kita dari hal ini. Peningkatan
produk yang diproduksi tentunya akan meningkatkan perputaran ekonomi di negara
kita karena pastinya pabrik dan pekerjanya adalah warga negara kita. Terlepas
yang mempromosikan adalah warga negara asing itu tidak masalah menurutku karena
kita hidup di era globalisasi. Yang terpenting walaupun mereka untung secara publikasi
dan materi namun kita juga bisa memetik keuntungan yang sama untuk produk –
produk kita tentunya. Terkadang kita lupa melihat sisi positifnya dan hanya
ingin mempromosikan hal negatifnya saja. Tapi jika bosan dengan idol Korea
Selatan mungkin kita bisa mencoba brand
ambassador dari Idol Korea Utara hehehehe.
Tulisan
Dalam Rangka 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Korea Selatan
0 comments:
Silahkan Bacot