Monday, June 23, 2014

Catatan Libur UN Hutama M Anhar ( 5 ) sebagai Tugas Project SMAN 10 Samarinda



Catatan Libur UN Hutama M Anhar ( 5 )
Nyamannya Kereta Api : Transportasi Masa Depan Indonesia
            Sejak tanggal 12 – 15 April saya berada di Jakarta. Banyak hal yang telah saya kunjungi dan lihat selama di Jakarta. Tibalah saatnya saya melanjutkan perjalanan menuju Semarang dan Surabaya. Sebelum menuju ke Surabaya saya terlebih dahulu singgah di Semarang ( ulasan tentang Semarang ada di catatan selanjutnya ). Jarak dari Semarang ke Jakarta sekitar 471 km, akan memerlukan waktu lama jika ditempuh melalui jalur Pantura yang terkenal macet dan sering rusak itu. Akhirnya pilihan jatuh pada moda transportasi kereta api.
            Jauh hari sebelum tanggal keberangkatan orang tua saya sudah memesan tiket kereta melalui layanan e-ticket kereta api. Ini adalah salah satu layanan PT. KAI (persero) bagi pengguna jasa kereta api agar tidak berdesak-desakkan dan menumpuk di stasiun. Kereta yang akan saya tumpangi menuju Semarang adalah KA Eksekutif Argo Jati. Ini adalah pertama kalinya saya menaiki KA kelas argo, sebelumnya hanya menaiki KA kelas eksekutif biasa saja. KA kelas argo adalah tingkatan tertinggi dalam pelayanan jasa perjalanan kereta api di atas kelas eksekutif. Trayek yang akan dilalui adalah mulai dari Stasiun Gambir – Stasiun Semarang Tawang dan berhenti di Stasiun Cirebon, Tegal, Pekalongan dan Semarang Poncol.
            Pagi hari tanggal 16 April saya dan keluarga sudah tiba di Stasiun Gambir yang terletak di pusat kota Jakarta lebih tepatnya di Silang Monas. Saya sungguh terkejut melihat kondisi Stasiun Gambir, ternyata stasiunnya sangat bersih danteratur berbeda dengan kondisi dulu dimana stasiun sangat kumuh dan berantakan. Ini semua dapat dirasakan di semua stasiun di Indonesia berkat ketegasan Direktur utama PT. KAI (persero) Ignasius Jonan demi memberikan pelayanan prima bagi pengguna jasa kereta api.
            Perjalanan Jakarta – Semarang menggunakan kereta dapat ditempuh selama 6 jam. Pelayanan yang diterima sangat prima mulai dari kursi yang nyaman, kebersihan gerbong, AC yang dingin, dan pelayanan yang ramah, Perjalanan 6 jam menjadi tidak terasa berkat layanan prima dari PT. KAI (persero). Begitu pula dengan perjalanan Semarang – Surabaya, kebetulan saya menumpang kereta eksekutif – bisnis Gumarang dengan trayek Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Surabaya Pasar Turi.
            Kereta yang saya tumpangi berangkat tengah malam dari Semarang dan tiba pagi hari di Surabaya dengan waktu tempuh 5 jam. Pelayanannya juga sama baiknya mulai dari selimut, kursi nyaman dan empuk, gerbong yang sejuk serta bersih. Perjalanan 5 jam dilalui dengan tidur yang nyenyak berkat pelayanan yang prima dan professional.
            Sebentar lagi pelayanan kereta api di Pulau Jawa akan semakin prima berkat rampungnya jalur ganda kereta di utaraJawa yang menghubungkan Jakarta – Surabaya sejauh 727 km dengan nilai proyek Rp. 10,5 triliun. Selain itu telah dimulai pula pembangunan jalur ganda kereta di selatan Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya sejauh 800 km dengan nilai proyek Rp. 15,6 triliun dan akan tuntas tahun 2016. Dengan adanya jalur ganda jumlah keberangkatan kereta dapat ditambah dan waktu tempuh semakin cepat.
            Dengan adanya layanan prima dan pembangunan yang dilakukan kereta api dapat menjadi transportasi tumpuan Indonesia di masa depan.
                       
Previous Post
Next Post

Penyuka Korea yang lagi berjuang meraih mimpi

0 comments:

Silahkan Bacot