Catatan Libur UN Hutama M Anhar ( 5 )
Nyamannya
Kereta Api : Transportasi Masa Depan Indonesia
Sejak tanggal 12 – 15 April saya
berada di Jakarta. Banyak hal yang telah saya kunjungi dan lihat selama di
Jakarta. Tibalah saatnya saya melanjutkan perjalanan menuju Semarang dan
Surabaya. Sebelum menuju ke Surabaya saya terlebih dahulu singgah di Semarang (
ulasan tentang Semarang ada di catatan selanjutnya ). Jarak dari Semarang ke
Jakarta sekitar 471 km, akan memerlukan waktu lama jika ditempuh melalui jalur
Pantura yang terkenal macet dan sering rusak itu. Akhirnya pilihan jatuh pada
moda transportasi kereta api.
Jauh hari sebelum tanggal
keberangkatan orang tua saya sudah memesan tiket kereta melalui layanan
e-ticket kereta api. Ini adalah salah satu layanan PT. KAI (persero) bagi
pengguna jasa kereta api agar tidak berdesak-desakkan dan menumpuk di stasiun.
Kereta yang akan saya tumpangi menuju Semarang adalah KA Eksekutif Argo Jati.
Ini adalah pertama kalinya saya menaiki KA kelas argo, sebelumnya hanya menaiki
KA kelas eksekutif biasa saja. KA kelas argo adalah tingkatan tertinggi dalam
pelayanan jasa perjalanan kereta api di atas kelas eksekutif. Trayek yang akan
dilalui adalah mulai dari Stasiun Gambir – Stasiun Semarang Tawang dan berhenti
di Stasiun Cirebon, Tegal, Pekalongan dan Semarang Poncol.
Pagi hari tanggal 16 April saya dan
keluarga sudah tiba di Stasiun Gambir yang terletak di pusat kota Jakarta lebih
tepatnya di Silang Monas. Saya sungguh terkejut melihat kondisi Stasiun Gambir,
ternyata stasiunnya sangat bersih danteratur berbeda dengan kondisi dulu dimana
stasiun sangat kumuh dan berantakan. Ini semua dapat dirasakan di semua stasiun
di Indonesia berkat ketegasan Direktur utama PT. KAI (persero) Ignasius Jonan
demi memberikan pelayanan prima bagi pengguna jasa kereta api.
Perjalanan Jakarta – Semarang
menggunakan kereta dapat ditempuh selama 6 jam. Pelayanan yang diterima sangat
prima mulai dari kursi yang nyaman, kebersihan gerbong, AC yang dingin, dan
pelayanan yang ramah, Perjalanan 6 jam menjadi tidak terasa berkat layanan
prima dari PT. KAI (persero). Begitu pula dengan perjalanan Semarang –
Surabaya, kebetulan saya menumpang kereta eksekutif – bisnis Gumarang dengan
trayek Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Surabaya Pasar Turi.
Kereta yang saya tumpangi berangkat
tengah malam dari Semarang dan tiba pagi hari di Surabaya dengan waktu tempuh 5
jam. Pelayanannya juga sama baiknya mulai dari selimut, kursi nyaman dan empuk,
gerbong yang sejuk serta bersih. Perjalanan 5 jam dilalui dengan tidur yang
nyenyak berkat pelayanan yang prima dan professional.
Sebentar lagi pelayanan kereta api
di Pulau Jawa akan semakin prima berkat rampungnya jalur ganda kereta di
utaraJawa yang menghubungkan Jakarta – Surabaya sejauh 727 km dengan nilai
proyek Rp. 10,5 triliun. Selain itu telah dimulai pula pembangunan jalur ganda
kereta di selatan Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya sejauh 800 km dengan
nilai proyek Rp. 15,6 triliun dan akan tuntas tahun 2016. Dengan adanya jalur
ganda jumlah keberangkatan kereta dapat ditambah dan waktu tempuh semakin
cepat.
Dengan adanya layanan prima dan
pembangunan yang dilakukan kereta api dapat menjadi transportasi tumpuan
Indonesia di masa depan.
0 comments:
Silahkan Bacot